Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ChatGPT: Aplikasi Chatbot AI Gratis untuk iOS dan Pengumuman Ekspansi ke Android oleh OpenAI

(OpenAI)

OpenAI akhirnya merilis aplikasi ChatGPT, layanan pengembangan yang telah dikembangkan oleh perusahaan tersebut. Sebelumnya, chatbot ini hanya dapat diakses melalui web browser. Namun sekarang, aplikasi ChatGPT telah tersedia untuk perangkat iOS, khususnya iPhone. Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis.

Seperti versi web ChatGPT, aplikasi ini juga mendukung pertanyaan berbasis suara. Selain itu, aplikasi ini dapat menyinkronkan riwayat obrolan dari akun yang sama di versi web ChatGPT. Tampilan aplikasi chatbot AI ini juga sederhana, mirip dengan versi web.

Meskipun sederhana, pengalaman menggunakan aplikasi ChatGPT terasa lebih nyaman daripada mengaksesnya melalui browser. Pengguna perlu masuk terlebih dahulu dengan akun OpenAI untuk menggunakan aplikasi ChatGPT.

Dikarenakan aktivitasnya didukung oleh server OpenAI untuk memproses jawaban, pengguna juga harus terhubung ke internet agar dapat mengakses aplikasi ChatGPT. Bagi pelanggan ChatGPT Plus, mereka akan menerima respons yang lebih cepat dalam aplikasi ChatGPT. Selain itu, mereka juga mendapatkan akses prioritas ke fitur baru dalam aplikasi tersebut.

Saat ini, aplikasi ChatGPT hanya tersedia di Amerika Serikat (AS). OpenAI mengumumkan bahwa dalam beberapa minggu mendatang, mereka akan memperluas ketersediaan aplikasi ini ke berbagai negara.

"Dengan peluncuran aplikasi ChatGPT untuk iOS, kami berusaha untuk mengubah penelitian canggih menjadi alat yang praktis, sambil terus meningkatkan aksesibilitasnya," ujar OpenAI dalam blog resminya yang dikutip oleh KompasTekno dari Ars Technica pada Jumat (19/5/2023).

Menurut Ars Technica, aplikasi ChatGPT saat ini belum sehalus versi webnya, mungkin karena servernya mengalami kelebihan beban dalam menjawab pertanyaan pengguna. Namun, OpenAI diyakini akan segera menangani masalah tersebut. Peluncuran ChatGPT di iOS menjadi debut populer chatbot ini di platform mobile, setelah sebelumnya hanya tersedia dalam versi web.

OpenAI berjanji bahwa aplikasi ChatGPT akan segera hadir untuk pengguna Android di masa depan. Sayangnya, perusahaan tidak memberikan rincian jadwal pasti mengenai peluncuran aplikasi ChatGPT untuk Android.

Chatbot ChatGPT pertama kali dirilis pada bulan November 2022. Meskipun merupakan produk teknologi, layanan ini menawarkan kemampuan respons yang fleksibel, seolah-olah sedang berbicara dengan sesama manusia.

ChatGPT didesain menggunakan model bahasa bernama Generative Pre-Trained Transformer (GPT) versi 3.5 dan dilatih oleh manusia asli. Untuk menghasilkan respons dalam format dialog yang natural, pelatih chatbot ini tidak hanya memberikan umpan balik, tetapi juga terlibat dalam membantu menyusun tanggapan yang ditulis oleh ChatGPT.

Yogi Khayan
Yogi Khayan Pemilik dan sekaligus penulis di yogikhayan.id, yang menguasai ekpert info teknologi seperti Gadget, Smartphone, Komputer dan Lainnya